2019-08-21

BPTP Papua dan Dinas TPHP Merauke Bersama dalam Restorasi Gambut

BPTP PAPUA
...

Provinsi Papua merupakan salah satu daerah yang memiliki lahan gambut yang diperkirakan luasnya mencapai 4,9 juta ha. Oleh Badan Restorasi Gambut (BRG), Papua ditetapkan sebagai wilayah kerja restorasi. Gambut terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tanaman, baik yang sudah lapuk atupun belum. Akumulasi tersebut bertambah tebal karena proses dekomposisi terhambat oleh kondisi kurang oksigen dan/atau kondisi lingkungan lainnya yang menyebabkan tertekannya biota pengurai.

Salah satu program kerja yang dijalankan BRG dalam restorasi adalah Desa Peduli Gambut, merupakan program penyelaras kegiatan pembangunan antar perdesaan gambut dan sekitar daerah restorasi. Kegiatan tersebut diataranya meliputi fasilitasi pembentukan kawasan perdesaan, perencanaan tata ruang desa dan kawasan perdesaan, kelembagaan untuk pengelolaan hidrologi dan lahan, kerja sama antar desa dan pemberdayaan ekonomi.

Desa Peduli Gambut untuk Provinsi Papua ditempatkan di Kabupaten Merauke yang tersebar pada tiga Kampung, Sumber Rejeki, Sumber Mulya dan Kaliki, ketiganya berada dalam Distrik Kurik. Sehubungan dengan hal itu, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP), Ir. Gunawan bersama Koordinator IP2TP Merauke-BPTP Papua, Sudarsono SP melakukan peninjauan lapangan bersama di Kampung Sumber Rejeki (21/08).

Bersama Penyuluh dan Ketua Gapoktan disusun rencana penanganan lahan gambut di Kampung Sumber Rejeki, meliputi desain tata air lahan, infrastrukutur pengairan serta pemilihan komoditas dan varietas. Oleh Pemda Merauke, Kampung Sumber Rejeki dan Sumber Mulya difokuskan pada komoditas padi, sementara untuk Kampung Kaliki pada tanaman sagu.

Restorasi lahan pada ketiga kampung tersebut diharapkan menjadi contoh pengelolaan sumberdaya alam yang terintegrasi dan sinergi antar wilayah sehingga dapat direplikasi pada daerah lain. Pada sisi lain, produktivitas lahan akan lebih optimal sehingga mampu mengangkat ekonomi masyarakat yang berada di lahan gambut dan sekitarnya.

Sub Sektor : Padi, Tanaman Pangan
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :