2020-02-17

Kunjungan Jalasenastri Korcab X ke BPTP Papua

BPTP PAPUA
...

Sentani - Senin, 17 Februari 2020 BPTP Balitbangtan Papua mendapatkan kunjungan ibu-ibu Jalasenastri Korcab X Armada III, maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah berupa permintaan dukungan benih atau bibit tanaman sayuran dan TOGA (tanaman obat keluarga) untuk dimanfaatkan pada lahan pekarangan kantor Jalasenastri.

Beberapa benih yang saat ini dapat dipenuhi dan tersedia di KBI OPAL BPTP Papua meliputi Bayam (3 jenis), Sawi pakcoy, Sawi caisim, Terong, Cabai rawit, Tanaman Toga, Seledri, Daun bawang, dan Tanaman obat-obatan. Namun permintaan benih ini akan dipenuhi 2 minggu kemudian, karena masih akan disemai terlebih dahulu. Sebagai catatan KBI OPAL BPTP Papua, saat ini hanya mempersiapkan bibit semai berdasarkan permintaan/pesanan, karena mengantisipasi banyaknya bibit semai yang rusak dan tidak tertanam karena tidak diambil pengguna. Hal ini sesuai dengan tugas dan fungsi Tagrinov OPAL, dimana selain memberikan informasi inotek pertanian juga mendiseminasikan bibit melalui KBI kepada pengguna.
Direncanakan saat bibit semai sudah tersedia, selain serah terima bibit, tim Tagrinov OPAL BPTP Papua juga akan memberikan pendampingan berupa cara penanaman, serta persemaian tanaman sayuran. Dengan adanya pendampingan, diharapkan ibu-ibu Jalasenastri Korcab X Derah Armada III, ke depannya dapat mandiri dalam memproduksi benih dan memenuhi kebutuhan akan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) bagi rumah tangganya. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan, maka pangan dapat tersedia dan mudah diakses setiap saat untuk memenuhi kebutuhan keluarga Jalasenastri. Sehingga Ketahanan pangan nasional dimulai dari ketahanan pangan di tingkat rumahtangga. (OPAL TEAM)

 

Sub Sektor : Buah-buahan nusantara, Sayur-sayuran
Komoditas : Hortikultura
Teknologi yang Digunakan :