2020-06-29

Mappi, Potensi Pertanian Yang Belum Termapping

BPTP PAPUA
...

Memetakan (mapping) potensi pertanian Papua sebagai provinsi terluas di Indonesia adalah sebuah tantangan besar dengan halang rintang berupa bentang alam yang keras khas bumi Cendrawasih.

Saat ini Merauke di ujung timur Indonesia atau di bagian selatan pulau Papua didaulat sebagai lumbung pangan Papua sekaligus lumbung pangan harapan masa depan Indonesia.

Masih di sisi selatan Papua, Kabupaten Mappi adalah jawaban untuk menggantikan lahan sawah perkotaan yang tergerus pesatnya perkembangan zaman. Potensi ini pun didukung berdasarkan ketersediaan lahan yang luas dan air sungai yang mengalir deras. Lahan yang subur pun membuat petani tidak menggunakan pupuk kimia untuk bercocok tanam.

Sampai dengan saat ini, informasi yang didapatkan tim supervisi Kostrawil BPTP Papua, terdapat pengembangan padi 100 ha di Distrik Edera Kampung Bade dengan lahan bukaan baru seluas 60 ha. Lebih rinci, Distrik Nambioman Bapai melaporkan terdapat penanaman di Kampung Mur seluas 10 ha, Kampung Katan 12 ha dan Kampung Kamu 8 ha.

Kepala Dinas Pertanian Mappi, Ir. Vincentius Jamlean selalu aktif berkoordinasi dengan Kepala BPTP Papua, Dr. Martina Sri Lestari dalam menginformasikan terkait kegiatan strategis Kementan di Mappi. Balitbangtan BPTP Papua selalu siap mendukung melalui teknologi Litbang dalam penggunaan VUB yang adaptif serta layanan konsultasi pertanian oleh peneliti yang selalu tanggap kapanpun dan dimanapun.

Kabupaten Mappi sebagai penyangga Merauke selain Boven Digoel, saat ini tengah fokus mengembangkan pertaniannya guna memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Pengembangan pertanian pun menjadi hal yang seiring sejalan dengan pengembangan OAP (Orang Asli Papua). Kadis Jamlean dalam kesempatan panen MT-1 2020, melibatkan 100% OAP dalam pertanian organik di Kampung Qhanu. (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=271592027579933&id=104153480990456).

Hal positif seperti ini perlu terus didorong dan didukung oleh seluruh stakeholder. Apalagi jika rencana pemekaran Provinsi Papua Selatan yang berpusat di Merauke benar-benar terealisasi, sehingga Mappi sebagai Kab. penyangga bisa mulai bisa "dimapping" dari sekarang. (RnD)

 

 

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :