2020-08-25

Pelatihan Sistem Pembelajaran Online Bagi Penyuluh Pertanian

BPTP PAPUA
...

Penyuluhan pertanian adalah proses pembelajaran bagi petani agar mau dan mampu mengorganisir dirinya dalam mengakses teknologi pertanian dalam upaya meningkatkan produktivitas, pendapatan dan kesejahteraannya. Orang yang bertanggungjawab secara fungsional untuk mendampingi dan membina petani dalam mengakses teknologi pertanian adalah Penyuluh Pertanian.

Secara umum sistem kerja yang diterapkan oleh Penyuluh Pertanian di Indonesia disebut sebagai sistem LAKU (Latihan dan Kunjungan), dimana seorang penyuluh berkewajiban selalu meningkatkan kompetensinya dengan ilmu dan ketrampilan pertanian sehingga menjadikannya sebagai penyuluh pertanian yang professional. Selanjutnya dengan kemampuan profesioal yang dimilikinya penyuluh melakukan kunjungan ke petani binaannya untuk menyampaikan informasi tekologi sebagai wujud panggilan tugas profesinya.

Biasanya Penyuluh Pertanian meningkatkan kemampuan kompetensinya melalui pertemuan-pertemuan teknis penyuluh di BPP yang dilaksanakan secara kontinu dan periodik sesuai jadwal yang sudah tersusun. Selain cara itu, institusi pembina juga sering memanggil penyuluh untuk mengikuti diklat-diklat yang relevan. Cara-cara peningkatan kompetensi penyuluh seperti tersebut di atas di saat sekarang (masa pandemi Covid-19) agak sulit dilaksanakan, mengingat kita harus mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kontak massa, sementara itu proses LAKU harus tetap berjalan. Untuk itulah sistem pembelajaran secara online menjadi salah satu upaya pilihan pintar untuk meningkatkan kompetensi penyuluh.

Berkaitan dengan itu maka pada tanggal 25 Agustus 2020 bertempat di aula Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura dilaksanakan Pelatihan Sistem Pembelajaran Online Bagi Penyuluh yang dilaksanakan oleh Balai Latihan Pertanian (BLP) Sentani bekerjasama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura. Dengan adanya diklat ini diharapkan para penyuluh pertanian di Kabupaten Jayapura dapat meningkatkan kompetensinya dengan mengikuti diklat-diklat online yang banyak terselenggara.

BPP Nimbokrang dan BPP Besum merupakan 2 BPP Kostratani yang didampingi oleh BPTP Papua turut terlibat pada kegiatan Diklat tersebut guna meningkatkan kemampuan SDM penyuluh di BPP sebagai tindak lanjut peningkatan kemampuan penyuluh dalam menggunakan berbagai aplikasi yang bersifat on line guna mempercepat pembangunan pertanian dan ketahanan pangan di Kabupaten Jayapura sesuai dengan petunjuk pelaksanaan kegiatan Kostratani di BPP.

Sumber: Penyuluh Pertanian Kab. Jayapura