2020-09-08

Kolaborasi Penelitian Hama dan Penyakit Kakao

BPTP PAPUA
...

Neraca perdagangan Indonesia untuk produk kakao dan turunannya menunjukkan tren yang positif dari tahun ke tahun dengan nilai ekspor ke luar negeri yang semakin meningkat. Selain itu, permintaan biji kakao di dalam negeri sendiri juga bertambah yang belum diikuti dengan peningkatan kemampuan produksi petani. Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan kakao di Indonesia antara lain adalah kondisi tanaman yang sudah tua dan tidak produktif, serangan hama penyakit yang semakin masif karena perubahan iklim serta kurangnya intensitas pemeliharaan kebun di tingkat petani.

Benih merupakan salah satu variabel penting yang menentukan keberhasilan produksi. BPTP Balitbangtan Papua berupaya memenuhi kebutuhan benih kakao bermutu tinggi dan bersertifikat.melalui Kegiatan Pembangunan Kebun Benih Sumber Kakao. Kegiatn ini merupakan kolaborasi beberapa pemangku kepentingan untuk menyediakan benih dalam rangka mendukung program pengembangan kakao dan peningkataan produktivitas kakao rakyat di Indonesia.

Pada hari Selasa (1/9), team kakao dari Balitbangtan BPTP Papua yang dipimpin Adnan, Ph.D melakukan komunikasi-koordinasi dengan Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Jayapura dan Departemen Biologi Universitas Cenderawasih di Jayapura. Dalam kunjungan tersebut, team menyampaikan rencana kerjasama dengan kedua instansi tersebut dalam investigasi hama-penyakit utama kakao yang ada di Kabupaten Jayapura, untuk menyelesaikan masalah OPT yang menghambat produksi dan produktivitas kakao.

BKP Kelas I Jayapura memiliki fasilitas laboratorium yang bisa digunakan dalam penelitian untuk eksperimen dan validasi OPT Kakao. Departemen Biologi Universitas Cenderawasih dengan kelengkapan sarana laboratorium serta dukungan civitas akademika merupakan mitra strategis dalam analisis hama penyakit kakao, sekaligus merealisasikan kerjasama yang sudah diinisiasi dari tiga tahun lalu.

Melalui kemitraan kegiatan benih sumber kakao ini, para pemangku kepentingan bekerjasama untuk mengidentifikasi dan memetakan OPT pada kakao di Jayapura, Papua dan masing-masing berkontribusi dalam mencari solusi alternatif untuk mendapatkan penyelesaian masalah yang lebih komprehensif (Heppy).

 

Sub Sektor : Kakao
Komoditas : Perkebunan
Teknologi yang Digunakan :
https://www.facebook.com/104153480990456/posts/360996778639457/